Bappebti Kemendag Resmikan Sistem Pengawasan Tunggal Transaksi Sistem Perdagangan Alternatif (SPTT-SPA) Logo Download PDF


Bappebti Kemendag Resmikan Sistem Pengawasan Tunggal Transaksi 
Sistem Perdagangan Alternatif (SPTT-SPA)
 
 
Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag, Bachrul Chairi meresmikan Sistem Pengawasan Tunggal Transaksi Sistem Perdagangan Alternatif (SPTT-SPA) hari ini, Selasa (31/10) di Jakarta. 
 
 
Dalam arahannya Kepala Bappebti menyampaikan SPTT-SPA merupakan sistem pengawasan yang dibangun Bappebti untuk melakukan pengawasan secara online terhadap transaksi SPA. Sistem ini dapat terkoneksi dengan sistem perdagangan yang digunakan pedagang penyelenggara SPA sehingga semua  transaksi nasabah dapat  diawasi pelaporannya ke Bursa Berjangka dan pendaftarannya ke Lembaga Kliring. Dengan adanya SPTT-SPA, Bappebti dapat melakukan pengawasan transaksi SPA dengan lebih cepat, akurat, dan tepat waktu terhadap pelaku usaha perdagangan berjangka komoditi sehingga dapat mencegah terjadinya market fraud dan financial fraud.
 
 
Dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Pengawasan dan Pasar Berjangka dan Fisik, Pantas Lumban Batu menyampaikan laporan panitia penyelenggara, dalam laporannya disampaikan acara ini dihadiri oleh 60 (enam puluh) orang peserta yang terdiri dari Bappebti, Bursa Berjangka, Lembaga Kliring Berjangka dan Pedagang Penyelenggara SPA, acara juga diisi dengan presentasi yang dilakukan oleh perwakilan dari PT. Dharma Kreasi Nusantara selaku pengembangan sistem pengawasan transaksi SPA Bappebti yang menjelaskan mengenai hasil dari koneksitas dan penarikan data antara server pengawasan transaksi SPA Bappebti dengan server pedagang penyelenggara SPA.
 
 
Hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti, Sri Hariyati, Dirut PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ),Stephanus Paulus Lumintang, Plt Dirut Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Fajar Wibhiyadi, Dirut ICH, Nursalam, Ketua Aspebtindo, F Wishnubroto.
 
 
Acara dilanjutkan dengan konferensi pers yang dilakukan dengan media cetak dan elektronik.
 
 
 
[Download PDF]